You are here: Home Home News DKI Juara Umum Kejurnas Karate Piala Mendagri XIV & Mendiknas III 2010

PB FORKI

DKI Juara Umum Kejurnas Karate Piala Mendagri XIV & Mendiknas III 2010

E-mail Print PDF
Tuan rumah Pengprov. FORKI Sulawesi Selatan gagal mencapai target menjadi juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate memperebutkan piala Mendagri XIV dan Mendiknas III Tahun 2010, Tim Sulawesi Selatan mampu meraih posisi kedua. Juara umum diraih tim Pengprov. Forki DKI Jakarta. Kejurnas yang diikuti 1.268 atlet dari 32 Pengprov. Foki dan 19 Perguruan anggota Forki dari seluruh Indonesia, kecuali Pengprov. Forki Maluku Utara yang tidak hadir. Berlangsung di Celebes Convention Center Makassar, 24 – 26 Juni 2010. DKI Jakarta berhasil mengumpulkan 11 emas, 6 perak dan 12 Perunggu, sementara Sulawesi Selatan hanya 9 emas, 6 perak dan 6 perunggu. Ditempat ketiga ditempati Perguruan Inkai dengan 8 emas, 12 perak dan 16 perunggu. Sementara itu, karateka terbaik (Best of the Best) di kelas cadet putri piala bergilir Mendiknas III diraih Vina Aprilia (Jawa Timur/Inkai), dan kelas cadet putra Sandy Firmansyah (Jawa Barat/Inkanas).
Untuk karateka terbaik (Best of the Best) kelas Junior piala bergilir Mendagri XIV, junior putri diraih karateka Tiffany Hadi (Sumut/Inkanas), di Kejurnas Karate piala Mendagri XIII & Mendiknas II 2009 di Lampung, Tiffany Hadi meraih Karate terbaik (Best of the Best) kelas cadet putri piala bergilir Mendiknas II. kelas Junior piala bergilir Mendagri XIV, junior putra diraih karateka Maruli J.L. ButarButar (KKI/Sumut).

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat membuka Kejurnas Karate Piala Mendagri XIV & Mendiknas III mengatakan, banyak karateka handal di Sulawesi Selatan. Sebagian dari mereka telah berhasil mengharumkan negara di kejuaraan dunia.

"Saya sangat mendukung pelaksaaan Kejurnas Karate memperebutkan piala Mendagri XIV dan Mendiknas III diadakan disini sebab selama sepuluh tahun terkahir Sulsel mencetak sejumlah atlet handal," kata dia saat membuka kejuaraan hari ini.

Mendagri Gamawan Fauzi memberikan dukungan penuh kepada PB FORKI dalam setiap melaksanakan kegiatan dengan harapan karateka Indonesia senantiasa dapat berprestasi di kejuaraan internasional.

Ketua PB Forki Sulawesi Selatan sekaligus Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yassin Limpo mengatakan tujuan diadakannya kejuraan tahunan ini untuk mencari bibit muda yang handal agar bisa membawa nama bangsa ketingkat internasional.

"Inikan kejuaraan nasional, kita mau lebih dari pada itu," ucapnya.
Pada acara pembukaan ini Kejurnas Karate Junior, digelar beberapa pertunjukkan tarian diantaranya tari adat Pepeka RI, dan atraksi para karateka Indonesia yang meraih emas pada Seagames tahun 2009 lalu. Turut hadir dalam acara pembukaan, Ketua Umum PB Forki Mayor Jendral Pur TNI Hendarji Soepandji, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Numang, Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin, dan undangan lainnya.

Ketua Umum PB. Forki, Mayor Jendral TNI Purn. Hendardji Soepandji, dalam sambutan Penutupan Kejurnas Karate Piala Mendagri XIV & Mendiknas III di Makassar, 26 Juni 2010. Mengatakan, bagi karateka yang masuk rangking satu/peraih medali emas pada semua nomor pertandingan yang berstatus pelajar dan mahasiswa akan diusulkan kepada Mendiknas supaya mendapatkan bea siswa dari Kemdiknas.
”Sesuai dengan Keputusan Mendiknas sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah kepada olahragawan berprestasi nasional”. Tegas Ketua Umum PB. Forki.

Hendardji Soepandji mengatakan, sepuluh besar pada semua nomor pertandingan akan diusulkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) agar dimasukkan dalam Program Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP). Sedangkan bagi atlet yang berstatus mahasiswa akan diusulkan masuk Program Pendidikan Latihan Mahasiswa (PPLM).
”Khusus atlet karate yang berusia 14-15 tahun peraih medali emas akan dimasukkan dalam program pembinaan atlet jangka panjang yaitu Program Indonesia Emas (PRIMA).” Ungkap Hendardji.

Lebih lanjut dikatakan Hendardji, untuk juara satu nomor Kadet dan Junior dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Karate Junior & Cadet Asia (the 10th AKF Junior & Cadet Karate Championship 2010) di Hong Kong, China, 1 - 8 Agustus 2010. Karateka akan mulai di Pelatnaskan pada 4 Juli mendatang di Jakarta.
”Juara satu/medali emas pada nomor dibawah usia 21 tahun (Under 21) yang saat ini sudah memasuki awal usia golden age, akan diikut sertakan pada Seleksi Nasional (Seleknas) 26 – 27 Juli 2010 untuk pembentukan Tim Asian Games dan SEA Games, serta pembentukan Tim Karate Indonesia untuk mengikuti Indonesia Open yang akan digelar 24 – 26 September 2010 di Denpasar Bali.” Ungkap Ketua Umum PB. Forki.

Hendardji menanbahkan, untuk pertama kali PB. Forki melakukan tes bakat dan kemampuan dari hasil Kejurnas Karate Piala Memndagri & Mendiknas 2010 di Makassar. Atlet-etlet yang berhasil meraih juara I, II, dan III Kejurnas ini, untuk mengetahui lebih awal bakat dan kemampuan atlet dalam menekuni olahraga karate, karena langkah ini sangat diperlukan dan sudah menjadi standar baku dalam menyeleksi atlet-atlet yang berbakat, dengan menggunakan metode sport sains.
”Diharapkan melalui tes ini PB. Forki akan mendapatkan data awal keadaan para atlet untuyk dievaluasi sekaligus mengetahui kemampuan mereka dan akan dikawal melalui pemantauan-pemantauan yang kontinyu supaya prestasi mereka terus meningkat dengan baik.” Harap Hendardji.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov. Forki Sulawesi Selatan sekaligus Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo tidak menginginkan olahraga karate tidak memiliki regenerasi yang baik. “Tugas kita kedepan mempersipakan sejak dini karena kami sadar negara lain pun melakukan yang sama,” kata Gubernur Sulsel. (Fsaidi)
Last Updated ( Saturday, 21 August 2010 04:58 )  

Banner
 
 
Jakarta, November 11-22, 2011
Download PDF
WKF Approved Homolagated Items
KONGRES FORKI XIV/2014 
Gedung Serba Guna Senayan
Jakarta, 12 - 13 Juli 2014 
Donwload PDF
3rd SEAKF KARATE CHAMPIONSHIP 
April 12 - 18, 2014 Can Tho
VIET NAM
Donwload PDF