You are here: Home Home News O2SN DI BUKA GUBERNUR JATIM

PB FORKI

O2SN DI BUKA GUBERNUR JATIM

E-mail Print PDF

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ( O2SN ), kembali digelar tepatnya di Kota Surabaya, Jawa Timur dan di buka oleh Gubernur, Dr. Haji Soekarwo. Bapak Gubernur dihadapan tamunya menyatakan dengan diselenggarakannya even seperti ini tidak dibayangkan akan terjadi transaksi disemua lini perekonomian di Surabaya, dan bliau juga berharap kalau tamunya juga berkenan mengunjungi obyek – obyek wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain bahkan dari obyek wisata luar negeri sekalipun. Gubernur juga masih berkenan menjadi tuan rumah O2 SN berikutnya kalau kontingen Jawa Timur kembali menjadi juara umum. Karena jawa timur untuk O2SN tahun 2010 adalah sebagai pemegang juara umum dan lambang juara Umum sudah diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk diperebutkan kembali dalam O2SN 2011.

Ditjen Pendidikan dasar, Prof. Suyanto, Phd, mewakili Menteri Pendidikan dalam sambutannya menyatakan, dalam melaksanakan Olimpiade tidak boleh anteng – antengan yang artinya tidak boleh banyak bicara, Karena memang saat diselenggarakannya pembukaan olimpiade kali ini, Senin, 4 Juli 2011 di Grand City Exhibition Baliroom, Jalan Sumatra, Surabaya, suasana agak riuh karena  tiga ribuan orang memadati ruangan tersebut. Lebih lanjut Prof. Suyanto menjelaskan,  kegiatan ini merupakan rangkaian hari pendidikan nasional yang mengusung tema “ Pendidikan Karakter sebagai pilar kebangkitan bangsa “ dengan sub tema raih prestasi junjung demokrasi. Untuk itu harapnya ‘kalian dalam bertanding harus berdesiplin, harus jujur mengakui siapa yang menang. Kepada bapak – bapak guru juga diberikan pesan dari Menteri pendidikan bahwa pada tahun ajaran baru nanti kita memasuki pendidikan utama yaitu pendidikan karakter. Oleh karena itu semua sekolah harus mengawali mulainya tahun ajaran baru dengan Upacara – Upacara menandai pendidikan karakter di sekolah masing – masing.  

 

Sementara Sekretaris Jendral Pendidikan Dasar, Selaku Ketua I O2SN, Dr. Bambang Indriyanto, melaporkan bahwa O2SN tahun 2011 merupakan yang ke IV dan  yang pertama diselenggarakan diluar Jakarta, olehkarena itu diharapkan Provinsi lainnya juga punya inisiatif untuk menyelenggarakan O2SN ini. Lebih lanjut dilaporkan pula bahwa tujuan O2SN adalah, 1. Menumbuhkembangkan dan membina kebugaran raga peserta didik, 2.Membina rasa sportif pada siswa, menumbuhkembangkan sikap kompetitif, kerjasama, dan 3. Menghargai keberasilan atau prestasi siswa lainnya.

Sedangkan hasil yang diharapkan adalah, 1,Terwujudnya sikap dan pribadi siswa yang bugar, sportif, kompetitif, mau kerjasama dan bisa menghargai prestasi orang lain. 2.Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar provinsi di bidang olahraga. 3. Pengembangan bakat dan kreativitas bidang olahraga terhadap siswa secara optimal, 4. Cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. 5. Terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang semakin kuat.

Peserta O2SN terdiri dari siswa / siswi SD,SMP, SMA dan SLB dari 33 Provinsi yang merupakan juara dari masing provinsi berjumlah 3. 927 atlit putra / putri serta melibatkan 2.128 tenaga pendukung.

Jenis Lomba : - PK-LK Dikdas, diikuti 165 atlit terdiri dari ; 1. Lari 100 m diikuti 33 atlit, 2. Lompat jauh 33 atlit, 3. Balap Kursi Roda 33 atlit, 4. Bulutangkis 33 atlit. - PK-LK Dikmen, diikuti 264 atlit terdiri dari ; 1. Lari 100 m diikuti 33 atlit, 2. Lompat jauh 33 atlit, 3. Lempar Cakram diikuti 66 atlit, 4. Bulutangkis 33 atlit. – Catur 33 atlit dan Tenis Meja dikuti 66 atlit. – Sekolah Dasar ( SD ), diikuti 1.023 atlit terdiri dari ; 1. Atletik diikuti 132 atlit, 2. Bulutangkis diikuti 198 atlit, 3. Sepakbola Mini dikuti 330 atlit, 4. Tenis Meja diikuti 198 atlit, Catur dikuti 165 atlit. - Untuk Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dikuti 1.947 atlit terdiri dari 11 cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain ; - 1. Atletik diikuti 165 atlit, 2. Senam diikuti 132 atlit, 3. Renang dikuti 99 atlit, 4. Bulutangkis diikuti 99 atlit, 5. Bola Basket diikuti 297 atlit–6. Bola Volly diikuti 660 atlit, 7. Tenis Meja diikuti 99 atlit, 8 Tenis diikuti 99 atlit, 9. Karate diikuti 99 atlit, 10. Pencak Silat diikuti 99 atlit, 11. Catur dikuti 99 atlit. Sekolah Menengah Atas ( SMA ) dikuti 528 atlit terdiri dari ; lima cabang olahraga yaitu, 1 Atletik diikuti 132 atlit, 2. Bulutangkis diikuti 66 atlit, 3. Tenis Meja diikuti 66 atlit, 4 karate diikuti 132 atlit dan 5. Pencak silat diikuti 132 atlit.Hadir dalam acara tersebut Ditjen Pendidikan Menengah, pejabat eselon 1 dan 2 Kementerian Pendidikan Nasional, komisi 10 DPRRI, Dedi Gumelar serta jajaran pejabat Pemprov jawa timur dan pejabat Kota Madya Surabaya.

Sumber : Pranata Humas Disdikpora Bali melaporkan dari Surabaya Jawa Timur // Man Pugra

 

Banner
NEXT JUNIOR & CADET CHAMPIONSHIPS
8th WORLD JUNIOR and CADET CHAMPIONSHIPS
and 3rd -21 CUP, Guadalajara - SPAN
 
 
Jakarta, November 11-22, 2011
Download PDF
WKF Approved Homolagated Items